Home | Agro | Berburu Durian Murah Di lereng Merapi

Berburu Durian Murah Di lereng Merapi

images

Klatentv.com- Bulan februari 2015 ini adalah musim panen durian di berbagai tempat. Demikian juga di kawasan sentra produksi komoditas durian kecamatan kemalang. Sebagian besar masyarakat klaten dan sekitarnya terutama di yogyakarta utamanya bagi penyuka buah berbau harum dan berduri tersebut rela hunting hingga ke lereng merapi, kecamatan kemalang. Sebenarnya sentra transaksi antara petani dengan tengkulak pembeli buah durian berada di pasar kembang, desa keputran, kecamatan kemalang.
Biasanya petani durian membawa hasil panennya antara 2 – 6 buah ke pasar kembang sekitar pukul 5.30 – 6.30 pagi dan kemudian tengkulak membelinya, dengan kisaran harga perbiji antara Rp 15.000,00 – Rp 40.000,00 tergantung besar kecilnya buah. Selanjtnya selaku pengepul menjualnya kepada tengkulak atau konsumen dengan mengambil untung antara dua hingga tiga ribu rupiah perbiji, sedangkan tengkulak menjualnya dapat untung hingga lima ribu rupiah lebih tiap biji nya.
Konsumen yang banyak membeli duren kami kebanyakan dari jogja bahkan rombongan pegawai dari gunungkidul, imbuhnya. Kalau pas hari libur sabtu atau minggu biasanya banyak pembeli dari luar daerah. Momen seperti ini juga ditangkap oleh sebagian besar penjual durian sebagai peluang untuk mendongkrak harga jual, sehingga harganya relatif lebih tinggi dibanding hari-hari biasa. Sehingga kiatnya kalau mau berburu durian dengan harga murah, hindari pas hari liburan. Pedagang penjaja durian biasanya mulai dapat ditemui sejak kios sentul, pasar kembang hingga jalan menuju destinasi pariwisata deles indah, kemalang.
Musim panen durian saat ini produksinya tidak lebih baik dibanding tahun kemarin, karena dampak muism hujan. Tetapi masih lebih baik jika dibanding tahun 2010 yang jeblok akibat erupsi merapi.
Produksi komoditas durian tahun 2011 di kecamatan Kemalang mencapai 16.280 kuintal. Dengan asumsi harga perkilogram Rp 15.000,00 berarti Rp 24.420.000.000,00 ( dua puluh empat koma empat miliar rupiah lebih) telah diraup petani durian kecamatan Kemalang.
Potensi hortikultura yang sangat luar biasa ini sangat menarik dan layak untuk dikembangkan dalam konsep Agropolitan berbasis komoditas durian sebagai unggulan, dengan mengintegrasikan dengan sektor kepariwisataan Deles Indah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kemalang dan sekitarnya.

Leave a Reply