Home / News / KPU Klaten Lipat Surat Suara DPRD

KPU Klaten Lipat Surat Suara DPRD

DSC01406 DSC01399 DSC01405KlatenNet – KPU Kabupaten Klaten, mulai melakukan pelipatan surat suara, yang akan digunakan untuk pemilu nanti. Tahap pertama pelipatan, ditemukan puluhan surat suara pemilu legislatif  2014 rusak.

Pelipatan surat suara ini melibatkan 320 tenaga, yang direkrut dari warga sekitar gudang logistik, di SMK Katolik Klaten. Di hari pertama pelipatan ini, KPU melipat surat suara untuk pemilihan legislatif  DPRD tingkat kabupaten. Selain melipat, petugas juga mensortir surat suara, yang diketahui rusak. Meski belum seluruhnya diketahui jumlah kerusakan, namun di hari pertama ini, ditemukan puluhan surat suara yang tidak layak untuk digunakan.

Kerusakan tersebut,  seperti terdapatnya bercak tinta dan terdapat bagian kertas suara yang kurang jelas. Beberapa diantaranya juga terdapat titik lubang maupun sobekan memanjang. Seketaris KPU Klaten, Rahmat Sunarno mengatakan surat suara yang mengalami kerusakan tersebut,  langsung dianulir,  agar tidak digunakan. Sebab,  bila tetap dipaksakan untuk digunakan,  akan dapat mempengaruhi proses pelaksanaan pemungutan suara pemilu.

Surat suara yang diketahui terindikasi mengalami kerusakan,  selanjutnya akan dilakukan  pergantian kertas baru,  supaya tidak menciderai pelaksanaan pemilu april 2014 nanti.

Temuan kerusakan surat suara, kemungkinan besar akan terus bertambah. Ini dikarenakan pelipatan suara yang dilakukan pihak kpu terus dilakukan hingga 15 hari mendatang.

Dalam pelipatan kertas suara ini,  mendapat  pengawasan ketat, baik dari Panwaslu maupun pihak Kepolisian Polres Klaten, sehingga  KPU menjamin dalam pelipatan surat suara ini berjalan aman.

About

Leave a Reply