20 Guru Dari 4 Sekolah Ikuti Pengimbasan Program Sekolah Penggerak Di SMP Negeri 2 Prambanan

Prambanan(klatentv.com)-Sebanyak 20 guru perwakilan dari empat SMP mengikuti Pengimbasan Program Sekolah Penggerak “Mem-breakdown TP ATP dari CP dan Menyusun Modul Ajar” di SMP Negeri 2 Prambanan, Kabupaten Klaten, Selasa (13/6/2023).

Keempat sekolah tersebut yakni SMPN 1 Gantiwarno, SMPN 2 Gantiwarno, SMPN 3 Manisrenggo, dan SMPN 2 Jogonalan. Peserta yang mengikuti In House Training (IHT) ini adalah para guru dari komite pembelajaran masing-masing sekolah.

In House Training ini bertujuan untuk memberi pengimbasan kepada sekolah-sekolah tetangga yang belum masuk Sekolah Penggerak.

Kegiatan IHT ini menampilkan narasumber Kepala SMP Negeri 2 Prambanan, Sri Purwaningsih.

Sri Purwaningsih menyampaikan, Pemerintah menetapkan capaian pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan.

Namun demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai setiap peserta didik, capaian pembelajaran tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari.

“Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional ataupun pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran,”  katanya.

Sri Purwaningsih menyatakan, pengembangan alur tujuan pembelajaran ini dijelaskan lebih terperinci dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Karena itu, yang perlu dilakukan seorang guru yaitu memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran dari tujuan pembelajaran, dan merancang pembelajaran dan asesmen

“Untuk dapat memahami capaian pembelajaran, pendidik perlu membaca dokumen capaian pembelajaran secara utuh mulai dari rasional, tujuan mata pelajaran, karakteristik mata pelajaran, dan capaian per fase,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 2 Prambanan ini menjelaskan, ada enam keterampilan inkuiri yang perlu dimiliki peserta didik, yaitu mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, dan mengomunikasikan hasil.

“Sedang elemen capaian pembelajaran yaitu pemahaman konsep dan keterampilan proses. Untuk elemen kognitif SD yakni mengidentifikasi, SMP memahami dan menganalisis, dan SMA mengevaluasi dan mencipta,” paparnya.

In House Training ini disambut baik oleh para peserta. Mereka memperhatikan dengan serius apa yang disampaikan narasumber. (L Sukamta)

Keterangan foto :

Peserta Pengimbasan Program Sekolah Penggerak berfoto bersama dengan narasumber di SMP Negeri 2 Prambanan, Selasa (13/6/2023).