Turunkan Angka Laka Lantas, Pelatihan Gawat Darurat Laka Lantas di Klaten

KLATEN – Sebagai langkah pengurangan resiko dan angka kecelakaan lalulintas, Jasa Raharja Jawa Tengah menggelar pelatihan penanganan gawat darurat korban kecelakaan lalulintas bagi relawan Klaten di Hotel Grand Tjokro, Rabu (30/3/2022). Kegiatan ini digelar agar terciptanya sinergi dalam penanganan korban lalulintas.
Kepala Jasa Raharja Jawa Tengah, Yahya Yoelami mengatakan pihaknya memiliki tugas utama sebagai institusi publik yang menjaga perlindungan dasar bagi masyarakat ketikan mengalami kecelakaan. Pelatihan ini merupakan salah satu langkah antisipasi resiko kecelakaan lalulintas.

“Tingginya angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan generasi muda menimbulkan dampak domino, termasuk kemiskinan. Oleh karena itu, Jasa Raharja telah melakukan beberapa langkah antisipasi yaitu dengan gencar melakukan sosialisasi, bekerjasama dengan pihak kepolisian, memasang rambu-rambu, hingga melakukan mudik gratis untuk meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi. Ini sangat bermanfaat untuk meminimalisir fatalitas penanganan korban kecelakaan,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 30 orang, terdiri dari 15 orang kepala desa dan 15 orang relawan desa. Adapun tujuan dari pelatihan tersebut antara lain terciptanya sinergi dalam penanganan korban lalulintas dan santunan korban; memberikan edukasi masyarakat; terciptanya percepatan informasi; serta juga sebagai langkah pengaktifan kembali program kampung disiplin lalulintas.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani saat membuka pelatihan tersebut mengatakan kecelakaan lalulintas sering terjadi karena padatnya kendaraan. Pelatihan yang digelar Jasa Raharja ini menjadi evaluasi bagi pemerintah dan pihak terkait untuk memberikan perhatian lebih untuk menekan angka kecelakaan, khususnya di Kabupaten Klaten.

“Kecelakaan sering terjadi karena kepadatan kendaraan, jadi kita sebagai pengguna jalan juga perlu berhati-hati saat berkendara. Saya juga sangat mengapresiasi pihak terkait yang selama ini telah bekerja sama dengan pemerintah Klaten dalam menjaga keamanan para pengendara,” paparnya.