Masyarakat Lereng Merapi Terima kartu KIS

Klatentv.com- masyarakat miskin wilayah kecamatan Kemalang kamis (22/10) menerima KIS, penerimaanya secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Klaten Sri Hartini kepada tiga orang perwakilan Warga masing-masing berasal dari Desa Keputran, Desa Kemalang dan Desa Panggang. Adapun Kecamatan Kemalang membawahi 13 Desa, masing-masing Desa penerima KIS itu adalah berikut:
Desa Balerante 40 jiwa, Desa Bawukan 86, Desa Panggang 65 jiwa, Desa Talun 43 jiwa, Desa Tegalmulyo 55 jiwa, Desa Tlogowatu 142 Jiwa, Desa Tangkil 69 jiwa, Desa Sidorejo 78 jiwa, Kendalsari 86 jiwa,Desa Bumiharjo 41 jiwa Desa Kemalang 141 jiwa dan Desa Keputran 54 jiwa.

Camat Kemalang Ir. Pri Harsanto MSi.
menjelaskan bahwa Dengan Kartu Indonesia Sehat yang telah diterima masing-masing warga masyarakat kiranya mampu menolong meringankan beban dalam hal kebutuhan kesehatan bagi masyarakat miskin. Desa Tlogowatu adalah Desa yang paling banyak masyarakatnya yang menerima KIS dengan jumlah 142 jiwa, sedangkan Desa Kemalang adalah penerima terbanyak ke dua dengan 141 jiwa.  Kesebelas Desa yang lain masing menerima kurang dari 100 jiwa katanya.

Secara terpisah menurut Sudiman salah satu anggota Masyarakat Pemantau Kemalang mengatakan bahwa hal yang kesehatan masyarakat itu bukan Soal distribusi KIS kepada masyarakat tetapi pengalaman dilapangan membuktikan bahwa adanya diskriminasi pelayana bagi masyarakat miskin terlebih bagi mereka yang memegang kartu sehat yang berasal dari Pemerintah pasti mengalami kendala-kendala di dalam administrasi maupun dalam penanganan pasien tersebut. Karena pembiayaan rumah sakit itu berasal dari pemerintah pasti penanganya kurang cepat berbeda dengan pasien umum yang tidak memegang kartu yang berasal dari Pemerintah. Ia menuntut khususnya kepada Rumah sakit milik Pemerintah supaya tidak membedakan di dalam melakukan pelayan terhadap Pasien dan siapapun harus pasien harus diperlakukan sama baiknya.