Mendapat Nomor Urut 1, Kustiyah Ingin Membangun Basin, Sedekahkan 100 Persen Hasil Lungguh Untuk Masyarakat

Basin(klatentv.com)-Rapat pleno terbuka penetapan dan pengundian nomor urut Calon Kepala Desa (Cakades) Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten yang berhak dipilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Basin 5 Juli 2023 diadakan di balai desa setempat, Senin (26/6/2023).

Hasilnya, Cakades Kustiyah mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan Cakades Abdul Khamid memperoleh nomor urut 2.

Dalam kesempatan itu, para Cakades diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya sebagai Kepala Desa Basin.

Cakades Kustiyah menyampaikan, visi-nya yaitu ingin mewujudkan Desa Basin yang religius, maju, mandiri, makmur, sehat, sejahtera dan memiliki layanan administrasi yang lebih baik.

Untuk mewujudkan visi-nya itu, maka Kustiyah berikthiar untuk melaksanakan misinya, yaitu satu, menjadikan warga Basin untuk memakmurkan atau memfungsikan masjid atau gereja sebagai insan yang beragama. Dua, memajukan pendidikan, pemuda, olahraga, kehidupan keluarga dan membangun infrastruktur pertanian, perekonomian, BUMDes sehingga pendapatan asli desa Basin akan meningkat, yang nantinya masyarakat Basin semakin makmur dan sejahtera, serta mandiri dan berdaya saing yang hebat.

Tiga, menjadikan Pemerintah Desa sebagai motor penyelesaian masalah atau solusi dalam penyelesaian masalah sosial, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Dan empat, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa sebagai pamong pelayan rakyat dengan membuat sistem pelayanan administrasi yang mudah, murah, efektif dan efisien.

Kustiyah menambahkan, dalam pembangunan kesehatan dan kesejahteraan, ia akan memberdayakan semua posyandu yang ada, serta memberdayakan tim penggerak PKK Desa Basin. Ia juga akan memberikan perhatian pelayanan kepada masyarakat yang semakin bisa dirasakan manfaatnya.

“Untuk pembangunan infrastruktur, berupa pembangunan jalan, jembatan, gedung fasilitas olahraga, serta fasilitas umum yang menunjang perekonomian masyarakat, maka saya akan menggunakan APBDes dan mengakses bantuan dari APBD dan APBN,” katanya.

Mantan Korwil Pendidikan Kecamatan Klaten Selatan ini berkomitmen ingin mengabdi dan melayani masyarakat Desa Basin dengan setulus hati.

“Karena saya benar-benar ingin mengabdi dan melayani masyarakat, maka bila Allah SWT meridhoi, dan saya terpilih menjadi Kepala Desa Basin, maka saya akan menyedekahkan 100 persen hasil lungguh kepala desa untuk perbaikan pelayanan masyarakat. Untuk merealisasikan janji saya itu nantinya, maka saya akan berkoordinasi dengan Ketua RT, Ketua RW, dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama merealisasikan program tersebut,” tandasnya.

Sedang Ketua Tim Pemenangan Relawan Metal (Menang Total), Mifta Huda Robbani mengatakan, usai pengundian nomor urut Cakades Basin, para pendukung Kustiyah melakukan kirab budaya untuk Pilkades Basin 2023 yang damai. Karena menurutnya, Desa Basin ini kalau ada Pilkades selalu “panas”.

“Dan alhamdulillah, kita membuat sejarah. Kita bisa menciptakan Pilkades yang sangat damai, sejuk, tidak berefek kepada masyarakat,” ujarnya.

Mifta Huda Robbani menjelaskan, dalam kirab budaya ini pihaknya melibatkan semua unsur masyarakat. Dalam kirab budaya tersebut, ada peserta karnaval yang menggunakan kostum-kostum yang sering digunakan oleh masyarakat Desa Basin. Seperti kostum petani, guru, tokoh agama, olahraga, sekolah, dan sebagainya. Bahkan ada yang mengenakan kostum tokoh Punakawan dalam dunia pewayangan.

“Harapan kedepan, dengan Pilkades 2023 ini bisa menghasilkan sosok pemimpin yang akan membawa Desa Basin yang makmur, mandiri, sejahtera, berdaya saing, dengan pelayanan publik yang lebih baik,” harap putra Kustiyah ini.

Sementara itu Ketua Panitia Pilkades Basin, Mochammad Irfan Zaefudin menyatakan, penetapan dan pengundian nomor urut Cakades ini adalah tahap ke 14 dari semua rangkaian tahapan Pilkades 2023. Setelah ini ada tahap kampanye yang akan berlangsung kurang lebih tiga hari, dari tanggal 27 sampai 30 Juni. Sedang untuk hari tenang dari tanggal 1 sampai 4 Juli. Dan tanggal 5 Juli adalah pemungutan suara.

“Harapannya, semuanya berjalan dengan lancar. Dan panitia (Pilkades) sudah menyiapkan semua rangkaiannya. Semoga berjalan lancar, sukses tanpa ekses,” katanya. (L Sukamta)

Editor :Windarto