Polsek Kini Bisa Tangani Olah TKP Sendiri

Kota, (katentv.com)_Menambah kemahiran penyidik dalam mememecahkan kasus, polres klaten menggelar lomba olah tempat kejadian perkara (TKP). Empat anggota tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah diterjunkan sebagai juri lomba.
Lomba olah TKP diikuti antar Polsek di Mapolres Klaten, Senin-Kamis (9-12/5). Mereka akan dinilai kecakapan para penyidik Polsek saat menangani olah TKP.

Kasi Identifikasi Ditreskrimum Polda Jateng, Kompol Sukhamdi, Senin (9/5/2016) pihaknya akan memberikan beberapa penilaian. Mulai dari sikap atau tampang, ketepatan dan kecermatan di TKP, kelengkapan peralatan, kesigapan dalam penanganan TKP, dan pelaporan setelah penanganan.

“Secara langsung penilaian berdasarkan penanganan di TKP, kejelian para personel, dan penilaian lainnya yang tidak dapat kami ungkapkan karena sifatnya rahasia. Tentunya lomba ini dapat menambah kemahiran penyidik Polsek dalam memecahkan suatu kasus,” ungkap Kompol Sukhamdi.

Menurutnya, TKP itu gudang barang bukti. Mulai dari menggambar lokasi kejadian, mengukur, memotret, dan sebagainya, harus dilakukan secara teliti. Oleh karenanya masyarakat selalu dihimbau jika ada kejadian harus menjauh dari TKP atau di luar police line.

“Bila kejadiannya menonjol, penyidik Polsek bisa diback up oleh Polres, Polda bahkan Mabes Polri. Bahkan saat ini setiap Polsek sudah dilengkapi toolkit atau alat olah TKP yang merupakan bahan pakai habis. Kalau habis bisa segera dimintakan ke Pusat Inafis Mabes Polri,” pungkasnya.