Tradisi Gotong Royong Perlu Dilestarikan, Pancasila Jadi Pemersatu Indonesia

Ngawen (klatentv.com) – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Stephanus Sukirno menggelar Sosialisasi Penguatan Demokrasi Daerah yang mengusung tema “Membangun Peradaban Gotong Royong” di Balai Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Selasa (8/8/2023) malam.

Stephanus Sukirno menyampaikan, tradisi gotong royong itu sudah ada, tumbuh dan berkembang di Indonesia sejak dulu kala.

“Kita mengenal ada istilah sambatan. Ini sebuah tradisi yang baik dan perlu dilestarikan. Karena dengan gotong royong, masyarakat menjadi semakin guyub dan rukun. Dalam gotong royong, warga bekerjasama tanpa memandang usia, agama, dan sebagainya,” katanya.

Mantan Rektor Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang ini menambahkan, penerapan demokrasi di masyarakat Indonesia itu sangat khas. Karena demokrasi di Indonesia itu dibangun dengan sistem rembukan atau musyawarah.

“Saat ini, saya juga membuat posko untuk saling berkomunikasi, saling berkoordinasi, dan untuk bermusyawarah. Musyawarah itu perlu dilakukan setiap kali ada permasalahan. Mengapa kita perlu bermusyawarah dan bergotong royong? Karena kita adalah murid-murid Bung Karno,” ujarnya.

Sedang Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Kecamatan Ngawen, H Tugirin mengatakan, Indonesia bisa merdeka karena gotong royong. Tanpa gotong royong, Indonesia akan tercerai berai.

“Saya bangga, karena PDIP adalah partai yang memegang teguh 4 Pilar Kebangsaan. Saya juga bangga dengan Pak Sukirno, yang mau turun ke bawah, yang mau menyapa siapa saja, tanpa membeda-bedakan,” ujarnya.

Sementara itu Caleg DPRD Kabupaten Klaten dari PDIP, Hetty Purwani mengucapkan terima kasih karena diperkenankan hadir di acara sosialisasi ini.

“Saya ndherek tepang lan nyuwun donga, sarta senjata pitulungan dari warga di sini. Semoga pada Pileg 2024 nanti, saya bisa duduk di DPRD Kabupaten Klaten, bisa bersama-sama membangun Desa Kahuman dan Ngawen,” pintanya.

Terkait, Kepala Desa (Kades) Kahuman, Wardoyo Joko Sumitro menyambut baik acara sosialisasi yang diadakan DPRD Provinsi Jawa Tengah ini.

“Terima kasih kepada Pak Sukirno yang telah mengadakan sosialisasi di Desa Kahuman ini. Sehingga kita bisa saling bersilaturahmi. Dan alhamdulillah, gotong royong di Desa Kahuman ini masih terjaga dengan baik,” ucapnya. (L Sukamta)