lubang tikus akibatkan tanggul jaran jebol

Klatentv.com-Akibat hujan deras tanggul nonpermanen di kali jaran di desa burikan kecamatan cawas klaten jebol. Akibatnya satu haktare padi sipa panen terkubur pasir dari luapan sungai.
Jebolnya tanggul di aliran sungai yang bermuara di sungai dengkeng, dipicu derasnya arus dan banyaknya lubang tikus. Warga dibantu aparat polisi dan tni melakukan gotong royong untuk menutup lubang tanggul menggunakan karung berisi tanah. Akibat jebolnya tanggul lima petak sawah yang luasnya sekitar satu hectare, dan memasuki masa panen terkubur pasir dari luapan air sungai. Pemilik padipun berusaha meyelamatkan tanamanya dengan cara menggali tumpukan pasir dan mencucinya.DSC03242
Tanggul yang jebol sepanjang enam meter, lebar empat meter dan tinggi tiga meter. Kepala desa burikan, mariadi mengatakan penyebab jebolnya tanggul karena banyak lubang tikus sehingga air masuk dan merusak struktur tanggul yang terbuat dari tanah. Kerugiannya mencapai puluhan juta rupiah, karena satu hektare sawah yang terkena pasir berusia tiga bulan dan sudah masa panen. Sementara padi yang terendam air sekitar 20 hektare, dan masih bisa diselamatkan.
Kepala bpbd klaten yang melakukan tinjuan bersama petugas dari bbsda menyatakan telah mengirim dua ribu karung untuk diisi tanah. Penanganan sementara untuk mencegah luapan air itu dengan memasang bamboo, batang kayu, dan karung berisi tanah.